Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MENGAPLIKASIKAN FORMULA DAN FUNGSI EXCEL 2007

MENGAPLIKASIKAN FORMULA DAN FUNGSI
EXCEL 2007

Dalam tulisan saya kali ini,saya akan sedikit menjelaskan pengggunaan/pengaplikasian Microsoft Excel dalam kegiatan sehari-hari. Bisa di bilang Tutorial kali yahh...... :)

Microsoft Excel tentu berbeda sekali dengan Microsoft word atau power point karena kekuatan utamanya Microsof Excel  itu terletak pada Formula dan Fungsi-nya,karena hampir semua pengguna Excel dikantor-kantor maupun dirumah menggunakan program ini untuk  mengetik daftar lalu dicetak atau memudahkan pekerjaan dalam menghitung atau membuat data.

Formula atau rumus itu sendiri adalah alat yang memungkinkan kita untuk melakukan kalkulasi terhadap nilai-nilai pada sel itu sendiri maupun nilai yang tersimpan pada sel-sel lain.Formula ini membantu menganalisis data pada worksheet yaitu seperti elemen penambahan(+),perkalian (*),pengurangan (-)dan perbandingan nilai-nilai.

Namun untuk memasukan formula pada suatu sel yaitu dengan mengetik kombinasi elemen-elemen tersebut dan yang terpenting sebuah formula harus diawali dengan karakter =  sama dengan.
Dalam tulisan saya ini saya akan sedikit memberikan contoh-contoh dan langkah menggunakan Microsoft Excel 2007 untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dalam memanfaatkan formula dan fungsi yang dimiliki Excel.

Berkerja dengan Formula pada Excel berikut contohnyd

 
A.     Contoh Menghitung Produksi per Jam
Dalam contoh pertama ini kita akan menghitung berapakah jumlah produksi masing-masing karyawan dalam setiap jam kerja tentu dengan sebuat data karyawan dan produksinnya.Sebuah worksheet mencatat data-data produksi yang dihasilkan oleh setiap karyawan serta waktu jam kerja yang secara rill digunakan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut seperti dibawah ini

Buatlah table seperti dibawah ini dengan kolom A berisi nama karyawan,kolom B berisi waktu,kolom C berisi jumlah produk.
.

1.      Pada kolom D bloklah sel D5:D10
2.      Masukan/ketik formula = C5/(B5*24) Lalu tekan <ctrl+Enter> sehingga secara otomatis seluruh sel yg telah di blok D5 hingga D10 akan terisi nilai hasil hitungan
3.      Formatlah tampilan angka pada kolom D yang di Blok tadi  dengan mengklik Home>Number format lalu pilih Number seperti gambar dibawah ini



4.      Lalu hasil menunjukan decimal
Kesimpulannya karyawan yang bernama selly yang paling tinggi produktivitasnya dengan menghasilkan 2.10 setiap jam sedangkan karyawan bernama Susanti yang paling rendah produktivitas dengan menghasilkan 1.38/jam.


A.     Contoh mengubah dari Jam ke Menit atau sebaliknya
Terkadang dalam sebuah tuntutan pekerjaan,Data yang kita punya di suruh diubah dalam nilai jam menjadi menit ataupun sebaliknya. Oleh karena itu dalam contoh kedua ini saya memberikan sedikit contoh bagaimana cara mengubah jam ke menit menggunakan Microsoft Excel. Berikut langkah-langkahnnya dibawah ini

1.      Buatlah data seperti table dibawah ini seperti di kolom A adalah penulisannya,Kolom B adlaha penulisan dalam satuan Jam, dan kolom C adalah untuk menentukan hasil setelah diubah
2.      Bloklah sel C4:C9
3.      Ketik pada formula bar dengan =B4*24*60
4.      Lalu tekan <CTRL+Enter> 

Akan tampak seperti gambar dibwah ini


5.      Hasil yang telah keluar pada Kolom C diubah dalam Format General  dengan klik Home>Number format lalu pilih General


 
Jika ingin mengubah dari menit ke jam kita tinggal mengubah rumus pada formula bar dengan = C4/24/60 seperti gambar dibawah ini



Hasil dalam kolom D diblok dari D4:D9 diubah dalam satuan jam dengan klik Home>Number Format lalu pilih Format Time


B.     Contoh Membuat Urutan Peringkat
Dalam sebuah pekerjaan kadang kita membutuhkan untuk mencari peringkat dalam sebuah data. Pada Microsoft Excel ini kita dapat menggunakan formula untuk menyusun peringkat pada sebuah kolom yang berisi nilai. Tapi sebelum menyusun peringkatnya,data dalam kolom tersebut harus diurutkan terlebih dahulu
.
Berikut langkah-langkahnya

1.      Buatlah data pada table seperti dibawah ini (terlihat nilai secara acak ) dan kolom peringkat masih telihat kosong tugas kita yaitu kita akan mencari data mana yang menempati peringkat 1 yaitu kita menggunakan formula

2.      Sebelum mencari peringkat harus mengurutkan terlebih dahulu data Nilai dengan cara Bloklah B4:B13, karena menggunakan Excel 2007 kita hanya mengklik Tab Data>Tombol sort AZ atau klik ikon Sort Ascending seperti gambar dibawah ini





 

Kemudian pilih continue with the current selection lalu tekan Sort


3.      Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini,data nilai tampak berurutan

 
4.      Pada sel C4 Isikan nilai 1 sebagai peringkat tertinggi
5.      Setelah itu kita akan mengetahui peringkat tersebut dengan memBlok C5:C15 lalu ketiklah pada formula bar dengan =C4+(B4<B5) 
6.       Lalu tekan Enter




 
Pada sel C5 hasil keluar kemudian tarik tanda (+) pada kotak C5 hingga C13,Seraca otomatis peringkat akan keluarseperti gambar dibawah ini






Itulah beberapa contoh dalam pekerjaan sehari-hari seperti di kantor-kantor dengan menggunakan Microsoft Excel 2007,mudah bukan?mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membaca,sekian dari tutorial ini,,,
makasihhhh ...
:)

Referensi Buku :
Kusrianto,Adi.2010.Mengaplikasikan Formula dan Fungsi Excel 2007. Jakarta :PT Elex Media Komputindo








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar