MENGAPLIKASIKAN FORMULA DAN FUNGSI
EXCEL 2007
Dalam tulisan saya kali ini,saya akan sedikit
menjelaskan pengggunaan/pengaplikasian Microsoft Excel dalam kegiatan
sehari-hari. Bisa di bilang Tutorial kali yahh...... :)
Microsoft Excel tentu berbeda sekali dengan Microsoft
word atau power point karena kekuatan utamanya Microsof Excel itu terletak
pada Formula dan Fungsi-nya,karena hampir semua pengguna Excel dikantor-kantor
maupun dirumah menggunakan program ini untuk mengetik daftar lalu dicetak
atau memudahkan pekerjaan dalam menghitung atau membuat data.
Formula atau rumus itu sendiri adalah alat yang
memungkinkan kita untuk melakukan kalkulasi terhadap nilai-nilai pada sel itu
sendiri maupun nilai yang tersimpan pada sel-sel lain.Formula ini membantu
menganalisis data pada worksheet yaitu seperti elemen penambahan(+),perkalian
(*),pengurangan (-)dan perbandingan nilai-nilai.
Namun untuk memasukan formula pada suatu sel yaitu
dengan mengetik kombinasi elemen-elemen tersebut dan yang terpenting sebuah
formula harus diawali dengan karakter = sama dengan.
Dalam tulisan saya ini saya akan sedikit memberikan
contoh-contoh dan langkah menggunakan Microsoft
Excel 2007 untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dalam memanfaatkan
formula dan fungsi yang dimiliki Excel.
Berkerja dengan Formula pada Excel berikut contohnyd
A. Contoh Menghitung
Produksi per Jam
Dalam contoh pertama ini kita akan menghitung
berapakah jumlah produksi masing-masing karyawan dalam setiap jam kerja tentu
dengan sebuat data karyawan dan produksinnya.Sebuah worksheet mencatat
data-data produksi yang dihasilkan oleh setiap karyawan serta waktu jam kerja
yang secara rill digunakan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dapat dilakukan
dengan langkah-langkah sebagai berikut seperti dibawah ini
Buatlah table seperti dibawah ini dengan kolom A
berisi nama karyawan,kolom B berisi waktu,kolom C berisi jumlah produk.
.
1. Pada
kolom D bloklah sel D5:D10
2. Masukan/ketik
formula = C5/(B5*24) Lalu tekan
<ctrl+Enter> sehingga secara otomatis seluruh sel yg telah di blok D5
hingga D10 akan terisi nilai hasil hitungan
3. Formatlah
tampilan angka pada kolom D yang di Blok tadi dengan mengklik
Home>Number format lalu pilih Number seperti
gambar dibawah ini
4. Lalu
hasil menunjukan decimal
Kesimpulannya
karyawan yang bernama selly yang paling tinggi produktivitasnya dengan
menghasilkan 2.10 setiap jam sedangkan karyawan bernama Susanti yang paling
rendah produktivitas dengan menghasilkan 1.38/jam.
A. Contoh mengubah
dari Jam ke Menit atau sebaliknya
Terkadang dalam sebuah tuntutan pekerjaan,Data yang
kita punya di suruh diubah dalam nilai jam menjadi menit ataupun sebaliknya.
Oleh karena itu dalam contoh kedua ini saya memberikan sedikit contoh bagaimana
cara mengubah jam ke menit menggunakan Microsoft Excel. Berikut
langkah-langkahnnya dibawah ini
1. Buatlah
data seperti table dibawah ini seperti di kolom A adalah penulisannya,Kolom B
adlaha penulisan dalam satuan Jam, dan kolom C adalah untuk menentukan hasil
setelah diubah
2. Bloklah
sel C4:C9
3. Ketik
pada formula bar dengan =B4*24*60
4. Lalu
tekan <CTRL+Enter>
Akan tampak
seperti gambar dibwah ini
5. Hasil
yang telah keluar pada Kolom C diubah dalam Format General dengan klik
Home>Number format lalu pilih General
Jika ingin mengubah
dari menit ke jam kita tinggal mengubah rumus pada formula bar dengan = C4/24/60 seperti gambar dibawah ini
Hasil dalam kolom D diblok dari D4:D9 diubah dalam satuan jam dengan klik Home>Number Format
lalu pilih Format Time
B. Contoh Membuat
Urutan Peringkat
Dalam sebuah pekerjaan kadang kita membutuhkan untuk
mencari peringkat dalam sebuah data. Pada Microsoft Excel ini kita dapat
menggunakan formula untuk menyusun peringkat pada sebuah kolom yang berisi
nilai. Tapi sebelum menyusun peringkatnya,data dalam kolom tersebut harus
diurutkan terlebih dahulu
.
Berikut langkah-langkahnya
1. Buatlah
data pada table seperti dibawah ini (terlihat
nilai secara acak ) dan kolom peringkat masih telihat kosong tugas kita
yaitu kita akan mencari data mana yang menempati peringkat 1 yaitu kita
menggunakan formula
2. Sebelum
mencari peringkat harus mengurutkan terlebih dahulu data Nilai dengan cara
Bloklah B4:B13, karena menggunakan
Excel 2007 kita hanya mengklik Tab Data>Tombol
sort AZ atau klik ikon Sort Ascending seperti gambar dibawah ini
Kemudian pilih continue with
the current selection lalu tekan Sort
3. Kemudian
akan tampil seperti gambar di bawah ini,data nilai tampak berurutan
4. Pada
sel C4 Isikan nilai 1 sebagai peringkat tertinggi
5. Setelah
itu kita akan mengetahui peringkat tersebut dengan memBlok C5:C15 lalu ketiklah pada formula bar dengan =C4+(B4<B5)
6. Lalu tekan
Enter
Pada sel C5 hasil keluar kemudian tarik tanda (+) pada
kotak C5 hingga C13,Seraca otomatis peringkat akan keluarseperti gambar dibawah
ini
Itulah beberapa contoh dalam pekerjaan sehari-hari
seperti di kantor-kantor dengan menggunakan Microsoft Excel 2007,mudah bukan?mudah-mudahan bermanfaat bagi yang
membaca,sekian dari tutorial ini,,,
makasihhhh ... :)
makasihhhh ... :)
Referensi
Buku :
Kusrianto,Adi.2010.Mengaplikasikan Formula dan
Fungsi Excel 2007. Jakarta :PT Elex Media Komputindo
0 komentar:
Posting Komentar