BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di Indonesia saat kini sedang
maraknya penggunaan umbi-umbian sebagai karbohidrat sebagai pengganti nasi.
Berbagai macam umbi-umbian tersebut pun bermunculan, termasuk dijadikan tepung
sehingga bisa diolah menjadi aneka macam makanan berbahan dasar tepung seperti
Donat. Jenis makanan berbentuk bulat dengan bolong ditengah ini sudah sangat
dikenal dan disukai oleh semua golongan dari anak-anak maupun dewasa.
Makanan ringan ini bisa dikatakan sangat sering dicari oleh orang-orang
untuk dikosumsi Karena selain mudah didapatkan dan sangat praktis. Donat ini sudah sering dijajakan, dari yang biasa
hingga yang sudah sangat terkenal, namun terkadang donat yang diperjualbelikan
dipasaran sekarang ini hanya donat yang berbahan baku menggunakan tepung
terigu.
Dengan hal itu kami menambah kaya rasa yang bahan dasarnya sedikit berbeda dengan donat-donat
yang diperjualbelikan biasanya yaitu mengikutsertakan umbi-umbian dalam adonan
salah satunya dengan menggunakan campuran tepung dan kentang dengan membentuk
aneka kreasi unik dengan nama Donat Kentangku serba coklat. Donat kentang yang
kami buat ini sesuai dengan selera orang banyak yaitu dengan rasa kentang namum
dilapisi toping coklat dengan kreasi yang unik yang membuat setiap orang ingin
menikmati sensasi coklat dipadu dengan donat yang bernuansa unik.
1.2 Prospek
Pasar
Dengan
begitu banyaknya usaha makanan ringan
yang menjual donat, karena kita tahu donat dapat menyentuh setiap
golongan dari anak-anak hingga dewasa menyukai donut
Donat kentang ini memiliki rasa yang sedikit unik dengan adanya campuran
kentang. Rasanya
lebih empuk, lebih kenyal, dan jauh dari bahan pengawet sehingga sangat baik
bagi semua kalangan. Inilah yang membuat donat kentang berbeda dari donat
biasa. Seperti bentuknya yang bundar tanpa ujung, donat kentang pun bisa
menghasilkan keuntungan yang tanpa henti, sebab harga kentang lebih murah dari
pada tepung terigu. Dari segi penampilan, donat kentang juga tak bisa
disepelekan, karena mulai dari rasanya dan penampilan bahkan bisa menyaingi
donat-donat mewah di mal.
Target
konsumen kami yaitu mahasiswa gunadarma untuk itu kami berjualan disekitar
kampus dan menjajakan ke setiap-setiap kelas.karena banyak mahasiswa yang lalu
lalang ketika sedang istirahat perkuliahan. Selain itu juga didaerah dekat kampus terdapat
begitu banyak warga-warga sekitar yang lain, sehingga sangat-sangat potensial
mengundang calon pelanggan lain untuk membeli donat kami. Melihat kondisi
diatas , kami pun tertarik untuk membuat suatu usaha kuliner yang berbentuk
cemilan donut kentang dengan berbagai toping atau tambahan berbagai macam rasa.
Selain itu keuntungan yang didapat begitu lumayan dengan modal yang tidak
begitu besar. Dengan demikian, kami yakin prospek pasar usaha kami sangatlah
baik.
1.3 Visi
Menjadi wirausahawan yang mandiri
dan berkualitas yang dapat bersaing dipasar dan juga dapat mengembangkan usaha
hingga mempunyai beberapa cabang
1.4 Misi
• Mengembangkan suatu usaha yang sudah
ada dengan mengembangkan dan memperbarui produk tersebut dengan lebih sehat dan
berkualitas.
• Membangun dan mengembangkan potensi
diri dalam membangun usaha wirausaha mandiri.
• Membuat suatu mekanisme wirausaha
yang berkualitas sehingga dapat bersaing dipasar.
1.5 Tujuan
• Memperoleh suatu keuntungan dan
pendapatan dari berwirausaha
• Mengajak masyarakat untuk hidup
sehat cemilan yang sehat
• Memperoleh kepercayaan dari
konsumen, sehingga dengan adanya kepercayaan yang diberikan diharapkan usaha
yang telah dijalankan dapat lebih berkembang
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Nama
usaha
Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan ringan. Makanan ringan
yang kami buat yaitu donat kentang dengan berbagai macam toping namun serba
rasa coklat. Untuk itu kami memberi nama usaha yaitu “ Donat Kentangku Serba
Coklat”
2.2 Target
Pelanggan
Untuk memenuhi target penjualan kami harus menjual produk kami disekitar
orang-orang yang sedang berkumpul-kumpul dan sedang menikmati waktu luang.
Dengan hal ini target pelanggan kami yaitu Mahasiswa gunadarma. Karena ketika
mahasiswa sedang mempunyai waktu luang saat jam istirahat atau ketika tidak ada
dosen,mereka lebih menyukai berkumpul dengan teman-teman sambil menikmati
makanan untuk cemilan. Untuk itu target pelanggang kami yaitu mahasiswa
2.3 Produk
Produk
yang dihasilkan adalah Donat kentang. Pada umumnya semua kalangan menyukai
donat untuk itu kami menawarkan Donat dengan berbagai jenis topingnya yang
banyak disukai oleh kalangan mahasiswa.
Produk yang kami tawarkan adalah
Donat dengan memiliki ciri khas yang berbeda yaitu:
·
Makanan
yang disajikan secara praktis dan ekonomis
·
Dapat
dijadikan snack
·
Dapat
dikonsumi dimana saja dan kapan saja.
·
Memiliki
rasa yang unik.
2.3.1
jenis produk yang dipasarkan
Produk yang kami jual adalah berupa
makanan ringan untuk cemilan. Tanpa mengenyampingkan kualitas dan lebih
memperhatikan kesehatan dari makanan tersebut, berikut menu-menu yang kami
tawarkan :
·
Donat
kentang glaze gula dasar
·
Donat
kentang cokelat Leleh
·
Donat
mud pie (toping cokelat ditaburi pecahan oreo)
·
Donat
kentang milky crunchy topping
·
Donat
kentang chocolate royal icing
2.4 Aspek Produksi
2.4.1
Proses Produksi
Bahan dasar Donat kentang :
§ 500 gr tepung terigu protein tinggi
§ 200 gr kentang, kukus dan haluskan
§ 1 bungkus fermipan/ragi instan
§ 50 gr gula pasir
§ 1 sdm susu bubuk
§ 1/2 sdt garam
§ 200 ml air es
§ 3 butir telur ayam
§ 50 gr margarine
Cara membuat donat kentang:
1. Campur terigu, kentang halus,
fermipan, gula pasir, susu bubuk dan garam
2. Aduk rata dan tuangi air es sedikit
demi sedikit sambil diuleni sampai tercampur rata.
3. Masukkan telur dan margarin. Uleni
adonan sampai kalis elastis
4. Bulatkan adonan dan diamkan selama
50 menit dan adonan mengembang 2x lipat dari besarnya adonan semula.
5. Kempiskan adonan dan timbang
masing-masing seberat 30 gr.
6. Bentuk adonan yang telah ditimbang
menjadi bentuk bulat seperti bola
7. Giling tipis adonan dan cetak dengan
cetakan donat sesuai selera atau lubangi bagian tengah adonan yang telah
dibulatkan.
8. Diamkan adonan selama 20 menit
9. Panaskan minyak dan goreng donat
sampai matang dan berwarna coklat keemasan
10. Saat donat digoreng, gunakan sumpit
kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang, masukkan
sumpit di tengah lubang kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar
sehingga lubang membesar dan rata.
11. Angkat dari atas wajan, tiriskan, dan
tunggu sampai dingin baru kemudian diberi hiasan untuk toppingnya
Bahan dasar Toping Donat
·
Susu
cair
·
Coklat
blok
·
1 bungkus
choco cruch
·
1
bungkus Oreo
·
Gula
halus
·
1
butir telur ayam
·
jeruk
nipis
Cara
membuat toping Donat :
v
Donat Kentang Glaze Gula Dasar
Masukkan ½
cangkir gula halus dalam mangkuk dan perlahan aduk dalam 3 sendok makan susu
dan sedikt vanili. Ini membuat glasir halus.celup atau tabur donat sesuai
selera
v
Donat Kentang Chocolate Glaze
Panaskan
mentega lalu masukkan beberapa potongan coklat blok. Kemudian Aduk sampai
coklat larut. Celup semua permukaan donat dengan lelehan coklat hingga semua
terlihat coklat.
v
Donat Kentang mud pie (toping
cokelat ditaburi pecahan oreo)
Setelah
coklat dipanaskan lalu campur dengan susu dan sedikit gula. Kemudia donat
dicelupkan dan ditaburi atasnya dengan pecahan oreo
v
Donat kentang milky crunchy topping
Panaskan susu cair. Kemudian panaskan coklat hingga
mencair campurkan kedalam susu yang telah dipanaskan. Celupkan toping diatas donat
lalu taburi atasnya dengan coco crunch.
v
Donat kentang chocolate royal icing
Kocok
putih telur, gula halus hingga mengembang dan kental Kemudian tambahkan sedikit
jeruk nipis untuk mengilangkan bau amis. Setelah royal icing dibuat bisa ditambahkan dengan
pewarna agar terlihat toping begitu menarik dengan warna lalu dihiasi diatas
donat
2.5 Aspek keuangan
Setelah dijelaskan diatas semua bahan-bahan dasar untuk
pembuatan donat kentang dan proses produksinya. Namun kita juga menganggarkan
semua biaya yang dikeluarkan untuk setiap bahan yang diperlukan. Dengan
berbahan dasar yang telah dijelaskan, kita dapat menghasilkan 30 buah Donat
Kentang. Berikut Biaya yang dikeluarkan
Biaya yang dikeluarkan untuk membuat
donat kentang:
Bahan Baku
|
|
Tepung Terigu 500 gr
|
Rp 4.000
|
Kentang ½ kg
|
Rp 6.000
|
Fermipan
|
Rp 2.000
|
Gula Pasir ½ kg
|
Rp 6.000
|
Telur 4 btr
|
Rp 5.000
|
Susu bubuk
|
Rp 3.000
|
Margarin
|
Rp 3.000
|
Minyak Goreng ½ lt
|
Rp 6.000
|
Garam
|
Rp 1.000
|
Total
|
Rp 36.000
|
Biaya Tambahan
|
|
Coklat Blok
|
Rp 10.000
|
Oreo
|
Rp 5.000
|
Coco crunch
|
Rp 5.000
|
Susu Cair
|
Rp 2.000
|
vanili
|
Rp 1.000
|
Jeruk nipis
|
Rp 1.000
|
Total
|
Rp 24.000
|
·
Harga
Pokok Produksi 1 buah Donat
= Rp
60.000 : 30 buah
= Rp. 2.000
·
Plastik
Pembungkus : Rp 50/buah
·
Harga
Pokok Donat = Rp 2.050
· Harga Jual / Donat = Rp 3.000
2.5.1
Keuntungan / Laba
·
Keuntungan
Perbuah
= Rp 3.000
– Rp. 2.050
= Rp 950
·
Untuk
mencapai Balik Modal
BEP = Rp 60.000 + Rp 3.000
Rp 950
=
66.3 buah atau 66 buah
Dalam perhitungan tersebut maka
dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai titik balik modal (BEP) maka kita harus menjual donat kentang sebanyak 66 buah
·
Target
Penjualan
-
Jumlah
Donat Kentang : 30 buah
-
Harga
Jual per Donat : Rp 3.000
-
Target
Penjualan : Rp 3.000 x 30 buah =Rp 90.000
·
Laba/
Keuntungan
-
Target
Penjualan =
Rp 90.000
-
Harga Beli Bahan Baku = Rp 60.000 -
-
Laba
(Keuntungan) yang didapat = Rp 30.000
2.6 Rencana
dan Strategi pemasaran
a. Product
Produk yang ditawarkan berupan
makanan ringan atau cemilan yaitu Donat kentang serba coklat. Produk yang
dihasikan begitu berbagai macam toping yang unik namun tetap bisa tetap
merasakan rasa coklatnya seperti toping dengan penuh coklat,paduan dengan oreo
ataupun dengn coco crunch. Produk ini
sangat cocok bagi penggemar donat dan coklat untuk cemilan yang sehat dan bebas
dari bahan pengawet
b. Price
Harga yang kami tawarkan relatif lebih murah dan dapat
terjangkau oleh semua orang dan semua kalangan. Khusunya untuk kalangan
mahasiswa
c.
Promosi
Kami menawarkan produk tidak dengan promosi besar-besaran
namun menjual langsung produk saat
sedang menawarkan kepada konsumen. Promosi yang dilakukan dengan member
tahu setiap teman dikelas dan menjajakan kepada setiap kelas di kampus
Gunadarma. Dengan memberikan harga yang relative sedikit murah jika membeli
banyak.
d. Place
Tempat kami memproduksi produk
masih dirumah anggota kelompok.
Pelanggan khususnya yaitu Mahasiswa Gunadarma untuk itu kami berjualan atau
menjajakan donat kentang ini kesetiap kelas ketika mahasiswa sedang
beristirahat. Selain itu kami juga mencari-cari tempat-tempat disekitaran
kampus yang banyak mahasiswa sedang kumpul-kumpul.
e. Process
Proses
pembuatan produk yang kami buat ataupun yang dilakukan oleh pesaing rata-rata
menggunakan cara yang sama, sehingga dari segi rasa yang dihasilkan tidak dapat
dibedakan dengan pesaing lain
2.7 ANALISIS SWOT
Untuk menentukan strategi pemasaran
digunakan analisis SWOT untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang
dan ancaman bagi usaha ini .
Berikut adalah analisisnya :
Ø STRENGTH (Kekuatan)
Kekuatan dari produk yang kami
hasilkan yaitu terletak pada bahannya yang menggunakan perpaduan kentang dan
terigu yang lain dari donat biasanya yang hanya memakai terigu saja. Donat kentang ini terdapat berbagai macam
dengan toping cantik dan setiap donat dilapisi dengan manisnya coklat. Selain
itu Donat yang kami tawarkan tidak kalah rasanya dengan donal seperti di mall
dan harga yang kami tawarkan relative murah dibandingkan dengan donat yang
lainnya. Selain itu kami tidak
menggunakannya bahan pengawet sehingga produk kita terjamin sehat namun tidak
meninggalkan kualitas dari cita rasa produk yang kita buat, karena kita sudah
banyak tahu donat-donat sejenis yang diproduksi oleh pesaing rata-rata mereka
tidak memikirkan aspek kesehatan pada produknya.
Ø WEAKNESESS (Kelemahan)
Kelemahan pada produk ini yaitu
masih kurang untuk jenis toping donat yang dihasilkanb dan masih kurang kreasi.
Selain itu donat ini tidak menggunakan bahan pengawet maka mudah cepat basi
jika sehari tidak terjual. Usaha kami ini masih kurang untuk melakukan strategi
pemasaran dan penjualannya untuk tetap bisa berkembang.Donat ini dibuat dengan
cara yang sederhana tidak seperti Donat di Mall-mall.
Ø OPPORTUNITY (Peluang)
Untuk jenis makanan ringan seperti
Donat ini memang sudah banyak dikenal dan disukai oleh semua golongan. Maka peluang
pasarnya cukup luas kita tidak
begitu sulit untuk memperkenalkan produk
ini. Selain itu di area tempat kami menjual ata mecari pelanggan jarang
terdapat mahasiswa yang menjual donat kentang ini.
Ø THREAT (Ancaman)
Ancaman dari produk ini yaitu pesaing.
Pesain ini bukan berasal dari daerah tempat menjual melaikan dari luar. Karena
banyaknya Donat-donal Mall yang sudah sangat terkenal maka kami sulit untuk
memasuki pangsa pasarnya karena konsumen sudah mengenal produk donat yang di
mall dari segi rasa dan penampilan lebih terlihat unggul dan profesionall
0 komentar:
Posting Komentar