RUANG LINGKUP BISNIS
1.PENGERTIAN BISNIS dan JENISNYA
ü Bisnis berasal dari kata business/busy
yang artinya sibuk.
Maksudnya,Sibuk
mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan.
ü Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan
semua aktifitas yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan
masyarakat
ü Menurut (Huat, T
Chwee, 1990)Business is then simply
a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society
ü Sedangkan menurut(Griffin
& Ebert) memberikan pengertian bahwa
Bisnis merupakan suatu
organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan
keuntungan
Maka dapat disimpulkan
bahwa pengertian :
BISNIS adalah kegiatan yang dilakukan
individu dan sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan barang
dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan
memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Kegitan bisnis dalam sebuah organisasi yaitu:
·
Produksi :Menciptaan barang dan jasa
·
Keuangan :kegiatan mencari dana untuk
melaksanakan kegiatan
dagang
·
Pemasaran :Menginformasikan barang dan jasa
kepada konsumen
·
Pengelolaan SDM :Mencari
tenaga kerja
Lingkungan
bisnis :
-Lingkungan intern (memberikan pengaruh langsung kepada kegiatan bisnis) : pemerintah, pesaing, konsumen, asosiasi dagang, suplier dan serikat pekerja.
-Lingkungan ekstern (memberikan pengaruh tidak langsung terhadap kegiatan bisnis) : dunia internasional, ekonomi, sosial budaya dan politik.
-Lingkungan intern (memberikan pengaruh langsung kepada kegiatan bisnis) : pemerintah, pesaing, konsumen, asosiasi dagang, suplier dan serikat pekerja.
-Lingkungan ekstern (memberikan pengaruh tidak langsung terhadap kegiatan bisnis) : dunia internasional, ekonomi, sosial budaya dan politik.
ü pengertian bisnis juga memuat 4 aspek, yaitu untuk
mendapatkan laba, menghasilkan barang dan jasa, suatu kegiatan usaha, dan
memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari – hari.
ü jenis – jenis bisnis ada 4 yaitu :
1. monopsoni
2. oligopoli
3. oligopsoni
4. pasar monopoli
1. monopsoni
2. oligopoli
3. oligopsoni
4. pasar monopoli
2.
TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS
Kebijakan yaitu ketetapan yang memuat prinsip-prinsip untuk
mengarahkan cara-cara bertindak yang dibuat secara terencana dan konsisten
dalam mencapai tujuan tertentu.
Tujuan binis secara umum yaitu menyediakan
suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh
keuntungan dari aktivitas itu. Ada beberapa hal yang ingin dicapai oleh
perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
§
Market
standing :Menguasai
pasar yang akan menjadi jaminan bagi
perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan
§
Innovation :inovasi
dalam produk serta inovasi keahlian maksudnya
menciptakan
nilai tambah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1
§
Physical
and financial resources :memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan
keuangan untuk mengembangkan perusahaan dan semakin menguntungkan
§
Manager
performance and development : manager
merupakan orang yang bertanggung jawab pada tujuan organisasi maka seorang manajer
perlu mempunyai berbagai kemampuan dan keahlian. Maka dalam peningkatan kinerja manajer harus melalui program training
and development yang berkelanjutan
§
Worker
Performance and Attitude : sikap para karyawan
terhadap perusahaan dan pekerjaan sangat penting dalam berkerja
§
Public
Responsibility : Dalam kita berbisni, bisnis harus memiliki tanggung jawab
sosial
3.Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan suatu negara untuk
mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun
organisasi.Perbedaan antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya
adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksi dan alokasinya.
Sebuah perekonomian
terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur
faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian
pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan
alokasi barang dan jasa melaluipenawaran dan permintaan.
Jenis-jenis sistem perekonomian dan system pasar :
Sistem ekonomi sebagai solusi dari permasalahan ekonomi yang
terjadi dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :
1.Sistem Ekonomi Tradisional
merupakan sistem ekonomi yang diterapkan oleh
masyarakat tradisional
secara turun temurun dengan mengandalkan alam dan tenaga kerja.
secara turun temurun dengan mengandalkan alam dan tenaga kerja.
Ciri-cirinya sebagai berikut:
1.
Teknik produksi dipelajari secara turun
temurun dan bersifat sederhana
2.
sedikit menggunakan modal
3.
Mengunakan sistem barter
4.
Belum mengenal pembagian kerja
5.
Masih terikat tradisi
6.
Tanah sebagai tumpuan kegiatan produksi dan
sumber kemakmuran
Kelebihannya:
·
Tidak terdapat persaingan yang tidak sehat,
hubungan antar individu sangat erat
·
Masyarakat merasa sangat aman, karena tidak ada
beban berat yang harus dipikul
·
Tidak individualistis
Kelemahannya:
·
Teknologi yang digunakan masih sangat
sederhana, sehingga produktivitas rendah
·
Mutu barang hasil produksi masih rendah
Saat ini sudah tidak ada lagi negara yang menganut sistem
ekonomi tradisional, namun di beberapa daerah pelosok, seperti suku badui di
Indonesia masih mengunakannya dalam kehidupan sehari – hari
2. Sistem Ekonomi Pasar (Liberal/Bebas)
adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh
kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan
sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Sistem ini sesuai dengan ajaran dari Adam
Smith, dalam bukunya An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of
Nations.
Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah :
1.
Setiap orang bebas memiliki barang
2. Setiap orang bebas menggunakan barang dan jasa yang
dimilikinya
3. Aktivitas ekonomi untuk memperoleh laba
4. Semua aktivitas ekonomi dilaksanakan oleh masyarakat (Swasta)
5. Pemerintah tidak melakukan intervensi dalam pasar
6. Persaingan dilakukan secara bebas
7. Peranan modal sangat vital
Kelebihannya:
·
Menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakat dalam
mengatur kegiatan ekonomi
·
Setiap individu bebas memiliki sumber-sumber
produksi
·
Munculnya persaingan untuk maju
·
Barang yang dihasilkan bermutu tinggi
·
Efisiensi dan efektivitas tinggi karena aktivitas
ekonomi didasarkan atas motif mencari laba
Kelemahan nya:
·
Sulitnya melakukan pemerataan pendapatan
·
Cenderung terjadi eksploitasi kaum buruh oleh
para pemilik modal
·
Munculnya monopoli yang dapat merugikan
masyarakat
·
Sering terjadi gejolak dalam perekonomian
karena kesalahan alokasisumber daya oleh individu
3. Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)
adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah
sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian.
Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah :
1. Semua alat dan sumber-sumber daya dikuasai pemerintah
2. Hak milik perorangan tidak diakui
3. Tidak ada individu atau kelompok yang dapat berusaha dengan
bebas dalam kegiatan perekonomian
4. Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah
kelebihan:
·
Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi,
pengangguran dan masalah ekonomi lainnya
·
Pasar barang dalam negeri berjalan lancar
·
Pemerintah dapat turut campur dalam hal
pembentukan hak
·
Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan
Kelemahannya:
·
Mematikan inisiatif individu untuk maju
·
Sering terjadi monopoli yang merugikan
masyarakat
·
Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam
memilih sumber daya
4. Sistem Ekonomi Campuran
merupakan gabungan/interaksi dari sistem ekonomi pasar dan terpusat.
Ciri dari sistem ekonomi campuran adalah :
1. Barang modal dan sumber daya yang vital dikuasai oleh
pemerintah
2. Pemerintah dapat melakukan intervensi dengan membuat
peraturan, menetapkan kebijakan fiskal, moneter, membantu dan mengawasi
kegiatan swasta.
3. Peran pemerintah dan sektor swasta berimbang
Secara umum saat ini hampir tidak ada negara yang murni
melaksanakan sistem ekonomi terpusat maupun pasar, yang ada adalah
kecenderungan terhadap ekonomi pasar seperti Amerika, Hongkong, dan
negara–negara eropa barat yang berpaham liberal, sementara negara yang pernah
menerapkan ekonomi terpusat adalah Kuba, Polandia dan Rusia yang berideologi
sosialis atau komunis. Kebanyakan negara-negara menerapkan sistem ekonomi
campuran seperti Perancis, Malaysia dan Indonesia
Tradisional
|
Terpusat
|
Pasar
|
Campuran
|
|
Kepemelikan sumber daya
|
Individu
|
Pemerintah
|
Swasta
|
Pemerintah dan swasta
|
Harga
|
Belum ada perdagangan
|
Pemerintah
|
Mekanisme pasar
|
Pemerintah bisa mengintervensi
|
Persaingan
|
tidak ada
|
Tertutup
|
Terbuka/Bebas
|
Terbuka bagi industri swasta
|
Kepemilikan Individu
|
Ada
|
Tidak ada (sangat kecil)
|
Ada
|
ada
|
4. Kesempatan Bisnis dan Usaha
Banyak usahawan sukses karena ahli dalam memulai
dan memperluas usaha.Berikut 14 cara yang biasa digunakan:
1.
Penuhi Kebutuhan Konsumen
Kuncinya, kenali kebutuhan konsumen. Lalu
penuhi dengan harga, kualitas produk dan pelayanan yang
lebih baik.
2. Jual Keunikan
Anda
bias Menghasilkan barang-barang yang unik dengan kreasi baru,karena hal
unik sngt berpeluang menembus pasar .
3.uplikasi
usaha lain
Jika anda merasa kurang kreatif dan
inovatif, jangan patah arang. Terkadang ide usaha tersebar di mana-mana.
Anda hanya perlu membaca peluang, mengukur potensi, dan berani
mengambil risiko. Misalnya di depan kampus usaha warnet laris.
salahnya menyainginya di tempat yang sama? Anda cukup
“memfotokopi”usaha dengan memberi sedikit nilai
lebih (harga, pelayanan,kecepatan, keramahan). Siaplah bersaing!
4. Beri Fasilitas Tambahan
Sedikit diberi sentuhan kreatifitas/tambahan
yang unikk agar usaha anda lebih unik/unggul dari yg lain
5.Jual
Ketrampilan.
Saat ini Banyak orang berbakat yang
jika dikembangkan dan diberi tempat bisa dijual lebih mahal.
Tempat-tempat seperti restoran, toko-toko, salon, kursus, servis,
pasar, mal-mal, adalah gudangnya orang berbakat
6. Jadi Agen
Anda bisa membuka kantor keagenan atau biro
yang menyediakan jasa atau layanan spesifik. Misalnya agen
modeling, foto model, penyanyi berbakat, head hunter, pengisi acara hiburan,
biro jodoh, baby sister, dll
7. Jual Barang Second
arang second dengan nilai bisa
punya harga tinggi. Anda bisa memburu barang-barang bermerk asli yang
sudah tidak dipakai lagi dan dijual dengan harga special.
8.Buka Kantor
jika mempunyai profesi
seperti dokter, akuntan,pengacara, notaris, desainer, trainer, ataupun
konsultan. Jika sekarang masih jadi ‘pekerja’ di perusahaan
orang, siap-siaplah merintis buka kantor sendiri. Juallah skill dan
pengalaman Anda. Jika reputasi bagus, relasi banyak, jangan kuatir kekurangan
klien.
9.Jalankan DS/MLM
Direct Selling dan Multi-Level
Marketing sering disebut people franchise.
Modalnya murah meriah, namun sudah didukung produk yang
bagus, sistem pemasaran, pelatihan, dan jenjang
karier. Sebagian perusahaan memberi kesempatan
member mendirikan perseroan sendiri (authorized
distributor) atau stockist.
10. Beli Waralaba
Yang modalnya lumayan
besar, tapi tak mau repot pikirkan usaha yang sama sekali baru, beli
waralaba (franchise) bisa jadi pilihan. Waralaba merupakan jenis
usaha yang relatif terstandarisasi.
11. Beli Usaha Prospektif
Jika modal Anda cukup besar, dan
menurut kalkulasi usaha itu bisa dikembangkan
lebih pesat lagi, Anda bisa membelinya. Cara ini
relatif lebih mahal, tetapi lumayan disukai investor
tulen
12. Beli Usaha Sekarat
Jika Anda cukup jeli memetakan prospek ke
depannya dan cukup pengalaman merekayasa ulang usaha, maka inilah
peluang menarik. Usaha seperti ini bisa Anda beli dengan harga relatif
murah.Kadang malah seperti harga ‘grosir’.
13. Buka
Lokasi
Beberapa usaha cepat sekali berkembang karena
faktor lokasi.misalnya,ada pembangunan perumahan mewah di daerah pinggiran.
Jangan lupa, pilihlah lokasi yang paling strategis di sana
14.
Usaha Bersama
Kadang usaha tertentu
bisa lebih bagus jika didirikan dan dikelola
bersama-sama. misalnya Anda tidak pandai masak, tapi
jago masak masakan asing. Sementara teman dekat Anda jago melobi
dan punya relasi luas. Bisa saja Anda bersama-sama buka usaha
restoran.
5.Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi
Unsur-unsur prnting dalam aktivits ekonomi yang
paling penting dan utama adalah ---adanya modal
-sumber daya.
6. Hakikat Bisnis
Hakikat bisnis yang sesungguhnya adalah
mementingkan orang lain. Bisnis yang sejati haruslah dilandaskan pada
spiritualitas dan akan menghasilkan tingkat spiritualitas yang lebih tinggi,
baik bagi pelaku maupun pelanggan.
Orang yang melayani orang lain dengan keahlian
yang tinggi akan menjadi orang yang penting dan bernilai.Bukankah kita senang
dilayani dan dianggap penting? Karena itu kita selalu menyukai orang-orang yang
melayani kita dengan penuh cinta, memikirkan kebaikan kita dan menempatkan
kepentingan kita di atas kepentingan mereka sendiri. Orang-orang seperti ini
menjadi orang yang penting. Kalau begitu bukankah untuk menjadi orang penting
Anda harus melayani orang lain dengan sepenuh hati?
Ketika bertemu pelanggan abaikan keinginan
untuk mempromosikan dan menjual barang Anda. Anda harus menyadari rumus ini:
Tidak ada orang yang akan tertarik pada apa yang Anda jual. Mereka hanya
tertarik pada dirinya sendiri.
Inilah rahasia bisnis yang terpenting. Ketika
kita menjual produk kita tak akan pernah berhasil membeli hati pelanggan. Akan
tetapi kalau kita mau membuang jauh-jauh kepentingan kita, dan meluruskan niat
bahwa kita berbisnis demi kesuksesan dan kebahagiaan orang lain, maka Anda akan
membeli hati mereka..
.pikirkan!!
ü
bagaimana caranya supaya saya bisa melayani
klien dengan lebih baik lagi
ü
Bagaimana supaya saya menjadi lebih ahli lagi
dalam bidang yang saya tekuni
ü Bagaimana supaya saya bisa menciptakan program yang berdampak
bagi pelanggan-pelanggan saya.
8.
Mengapa Belajar Bisnis?
Alasan mengapa belajar bisnis itu penting adalah karena
bisnis sangat mnguntungan bagi orang yang menjalankannya dengan serius,selain
menambah keuangan,kita juga bsa belajar mendalami ilmu bisnis dalam persaingan
dunia kerja,manambah wawasan dan pengalaman,menambah pergaulan,dan juga bisa
jaminan untuk masa depan
0 komentar:
Posting Komentar