Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

tugas VI PEMASARAN


PEMASARAN
1.  Pengertian Pasar dan Pemasaran
  I.      PASAR
Pengertian secara sempit:
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pengertian secara luas:
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
Pengertian pasar secara khusus:
·         Sebagai sarana distribusi
Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya pada konsumen
·         Sebagai pembentuk harga
Di pasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga terbentuklah harga.
·         Sebagai sarana promosi
Dengan berbagai macam cara para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen sehingga para konsumen berniat membeli barang tersebut.
Syarat-syarat terjadinya pasar adalah :
a. Ada tempat untuk berniaga
b. Ada barang dan jasa yang akan diperdagangkan.
c. Terdapat penjual barang tertentu
d. Adanya pembeli barang
e. Adanya hubungan dalam transaksi jual beli.

 II.        PEMASARAN(MARKETING)
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
Ø  Philip Kotler                    (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang
diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
melalui proses pertukaran
Ø  Philip Kotler dan Amstrong                  pemasaran adalah sebagai suatu
proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Ø  Pemasaran   adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Ø  W Stanton             pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
               
Marketing atau Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.
Dengan adanya pemasaran konsumen tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai.

2.    Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya:
  • Pasar Nyata       :adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
  • Pasar Abstrak :adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya:
  • Pasar Tradisional : adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
  • Pasar Modern : adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya:
·         pasar hewan, pasar ikan
·         pasar sayur,pasar buah, dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi
·         Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional dan
  • Pasar Internasional
Jenis-jenis pasar menurut jenisnya:
·         Pasar konsumsi :adalah pasar yang menjual barang-barang untuk keperluan konsumsi
·         Pasar factor produksi : adalah pasar yang menjual barang-barang untuk keperluan produksi

3.  Konsep-konsep inti pemasaran
v  Konsep Produksi:
Konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi
v  Konsep produk:
Konsumen menyukai produk yang bermutu dn kinerja baik keistimewaan yang mencolok,manajemen harus memperbaiki teris menerus produknya
v  Konsep penjualan:
Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan yang baik
v  Konsep pemasaran:
Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar

4.  Bauran pemasaran
Bauran pemasaran atau Marketing mix adalah kombinasi dari 4 variable atau kegiatan yang merupakan inti yakni:
Ø  Product (produk)
Produk adalah baranga atau jasa yang bias ditawarkan di pasar untuk mendapat perhatian permintaan,pemakaian atau konsumsi yang dapat dipenuhi keinginan atau kebutuhan. pembeli akan membeli produk kalau merasa cocok. karena itu,produk harus disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan pembeli,agar pemasaran prduk berhasil.Dengan kata lain pembuatan produk lebih baik di orientasikan pada keinginan pasar,misalnya dalam hal mutu,kemasan dll.

Ø  Price (harga)
Harga adalah  sejumlah kompensasi(uang maupun barang kalau mungkin)yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa.pada saat ini sebagian besar masyarakat harga masih menduduki temat teratas sebagai penentu dalam  keputusan untuk membeli suatu barang,karena itu penentuan hargamerupakan salah satu keputusan penting bagi manajemen pemasaran.Harga yang ditetapkan harus menutupi semua biaya yang telah dikeluarkan untuk produksi ditambah besarnya laba yang diinginkan

Ø  Place (tempat, termasuk juga distribusi)
Saluran distribusi adalah  saluran yang digunakan oleh produsn untuk menyalurkan produk sampai kekonsumen.saluran distribusi penting,karena barang yang telah dibuat dan harga sudah ditetepkan itu masih menghadapi masalah yaitu harus disampaikan kepada konsumen.para penyalur dapat menjadi alat bagi perusahaan untuk emndapatkan umpan balik dari konsumen.Bila jumlah penyalur terlalu sedikit menyebabkan penyaluran produk kurang luas,sedangkan jumlah penyalur terlalu banyak mengakibatkan pemborosan produk waktu,peratian dan baya.

Ø  Promotion (promosi)
Promosi adalah bagian dari bauran pemasan yang besar peranannya.promosi merupakan kegiatan-kegiatan secar aktif dilakukan perusahaan untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.kegiatan promosi pada umumnya adalah periklanan,personal selling,promosi penjualan,pemasaran langsung,serta hubungan masyarakat dan publitas.

Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.[1]
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk 
pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.

5.  TUJUAN SISTEM PEMASARAN
Ada empat alternative dari system pemasaran yaitu:

1.  Memaksimalkan konsumsi
Pekejaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum,akhirnya mencipptakan produksi,kesempatan kerja dan  kemakmuran  maksimum
2.  Memaksimalkan kepuasan konsumen
Tujuan system pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen,bukan konsumsi.Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah ; belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk kepada individu,kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan  dari pencemaran lingkungan ,kepuasan yang diterima seseorang tergantuung dari sedikitnya orang lain yang memiliki barang tsb
3. Memaksimalkan kualitas hidup
Termasuk didalamnya kualitas,kuantitas,ketrsediaan dan harga pokok,mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran.

6.    Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran

Pemasaran tujuan system pemasaran, memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur, Pendekatan serba fungsi
dari apa saja kegiatan pokok pemasaran,yaitu  pembelian pengangkutan,penjualan,penyimpanan,pembelanjaan,penanggungan resiko,standarnisasi,dan gradding,pengumpulan informasi pasar
·         pendekatan serba lembaga
dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran,misal :produsen,supplier,perantara dgang dsb
·         pendekatan serba barang(pendekatan organisasi industry)
Studi tentang bagaimana berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industry
·         Pendekatan serba manajemen
Dilihat dari pendapat manajemen serta keputusan yang diambil
·         Pendekatan serba system
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi,manajemen,produk dan lembaga

SUMBER ;

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar