PEMASARAN
1. Pengertian Pasar dan Pemasaran
I. PASAR
Pengertian
secara sempit:
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pengertian secara luas:
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pengertian secara luas:
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
Pengertian
pasar secara khusus:
·
Sebagai
sarana distribusi
Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya pada konsumen
Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya pada konsumen
·
Sebagai
pembentuk harga
Di pasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga terbentuklah harga.
Di pasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga terbentuklah harga.
·
Sebagai
sarana promosi
Dengan berbagai macam cara para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen sehingga para konsumen berniat membeli barang tersebut.
Dengan berbagai macam cara para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen sehingga para konsumen berniat membeli barang tersebut.
Syarat-syarat
terjadinya pasar adalah :
a. Ada tempat untuk berniaga
b. Ada barang dan jasa yang akan diperdagangkan.
c. Terdapat penjual barang tertentu
d. Adanya pembeli barang
e. Adanya hubungan dalam transaksi jual beli.
a. Ada tempat untuk berniaga
b. Ada barang dan jasa yang akan diperdagangkan.
c. Terdapat penjual barang tertentu
d. Adanya pembeli barang
e. Adanya hubungan dalam transaksi jual beli.
II.
PEMASARAN(MARKETING)
Ada
beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
Ø
Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang
diarahkan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan
melalui proses pertukaran
Ø
Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah
sebagai suatu
proses sosial dan managerial yang
membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan
lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang
lain.
Ø
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis
yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan
mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai
pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Ø
W Stanton pemasaran
adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Marketing atau
Pemasaran
adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk
mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi,
pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada
tingkat keuntungan tertentu.
Dengan adanya pemasaran konsumen tidak
perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan
pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak
waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai.
2. Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut
bentuk kegiatannya:
- Pasar Nyata :adalah pasar diman barang-barang
yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar
tradisional dan pasar swalayan.
- Pasar Abstrak :adalah pasar
dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan
tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat
dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar
valuta asing.
Jenis pasar menurut
cara transaksinya:
- Pasar
Tradisional
: adalah
pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat
mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual
belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
- Pasar Modern : adalah pasar
yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga
pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di
mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar
menurut jenis barangnya:
·
pasar
hewan, pasar ikan
·
pasar
sayur,pasar buah, dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut
keleluasaan distribusi
·
Pasar
Lokal
- Pasar Daerah
- Pasar Nasional
dan
- Pasar
Internasional
Jenis-jenis pasar
menurut jenisnya:
·
Pasar konsumsi :adalah pasar
yang menjual barang-barang untuk keperluan konsumsi
·
Pasar factor
produksi
: adalah pasar yang menjual barang-barang untuk keperluan produksi
3. Konsep-konsep
inti pemasaran
v Konsep Produksi:
Konsumen menyukai produk yang tersedia
dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada efisiensi
produksi dan distribusi
v Konsep produk:
Konsumen menyukai produk yang bermutu
dn kinerja baik keistimewaan yang mencolok,manajemen harus memperbaiki teris
menerus produknya
v Konsep penjualan:
Konsumen tidak akan membeli banyak
produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan yang baik
v Konsep pemasaran:
Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar
sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang
dilakukan pesaing
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan,
keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran,
transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar
4. Bauran
pemasaran
Bauran pemasaran atau Marketing mix
adalah kombinasi dari 4 variable atau kegiatan yang merupakan inti yakni:
Produk adalah baranga atau jasa yang bias ditawarkan di pasar untuk
mendapat perhatian permintaan,pemakaian atau konsumsi yang dapat dipenuhi
keinginan atau kebutuhan. pembeli akan membeli produk kalau merasa cocok.
karena itu,produk harus disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan
pembeli,agar pemasaran prduk berhasil.Dengan kata lain pembuatan produk lebih
baik di orientasikan pada keinginan pasar,misalnya dalam hal mutu,kemasan dll.
Harga adalah sejumlah
kompensasi(uang maupun barang kalau mungkin)yang dibutuhkan untuk mendapatkan
sejumlah kombinasi barang atau jasa.pada saat ini sebagian besar masyarakat
harga masih menduduki temat teratas sebagai penentu dalam keputusan untuk membeli suatu barang,karena
itu penentuan hargamerupakan salah satu keputusan penting bagi manajemen
pemasaran.Harga yang ditetapkan harus menutupi semua biaya yang telah
dikeluarkan untuk produksi ditambah besarnya laba yang diinginkan
Saluran distribusi adalah saluran
yang digunakan oleh produsn untuk menyalurkan produk sampai kekonsumen.saluran
distribusi penting,karena barang yang telah dibuat dan harga sudah ditetepkan
itu masih menghadapi masalah yaitu harus disampaikan kepada konsumen.para
penyalur dapat menjadi alat bagi perusahaan untuk emndapatkan umpan balik dari
konsumen.Bila jumlah penyalur terlalu sedikit menyebabkan penyaluran produk
kurang luas,sedangkan jumlah penyalur terlalu banyak mengakibatkan pemborosan
produk waktu,peratian dan baya.
Promosi adalah bagian dari bauran
pemasan yang besar peranannya.promosi merupakan kegiatan-kegiatan secar aktif
dilakukan perusahaan untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.kegiatan
promosi pada umumnya adalah periklanan,personal selling,promosi
penjualan,pemasaran langsung,serta hubungan masyarakat dan publitas.
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti
seperti keuangan, teori bauran
pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P
dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti
Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth
Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.[1]
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni
daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada
ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada
ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap
pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau
diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
5. TUJUAN
SISTEM PEMASARAN
Ada empat alternative
dari system pemasaran yaitu:
1.
Memaksimalkan
konsumsi
Pekejaan pemasaran
adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum,akhirnya mencipptakan
produksi,kesempatan kerja dan
kemakmuran maksimum
2.
Memaksimalkan
kepuasan konsumen
Tujuan system
pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen,bukan konsumsi.Tetapi
mengukur kepuasan konsumen tidak mudah ; belum adanya tolak ukur kepuasan dari
produk kepada individu,kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh
kejelekkan dari pencemaran lingkungan
,kepuasan yang diterima seseorang tergantuung dari sedikitnya orang lain yang
memiliki barang tsb
3. Memaksimalkan kualitas hidup
3. Memaksimalkan kualitas hidup
Termasuk
didalamnya kualitas,kuantitas,ketrsediaan dan harga pokok,mutu lingkungan fisik
dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran.
6. Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran
Pemasaran tujuan system pemasaran,
memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan,
dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur, Pendekatan serba
fungsi
dari apa saja kegiatan
pokok pemasaran,yaitu pembelian
pengangkutan,penjualan,penyimpanan,pembelanjaan,penanggungan
resiko,standarnisasi,dan gradding,pengumpulan informasi pasar
·
pendekatan
serba lembaga
dilihat dari lembaga
atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran,misal
:produsen,supplier,perantara dgang dsb
·
pendekatan
serba barang(pendekatan organisasi industry)
Studi tentang
bagaimana berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industry
·
Pendekatan
serba manajemen
Dilihat dari pendapat
manajemen serta keputusan yang diambil
·
Pendekatan
serba system
Menyangkut
elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran termasuk pendekatan serba
fungsi,manajemen,produk dan lembaga
SUMBER ;
0 komentar:
Posting Komentar